Seputar Penyakit Cacar Air

Posted on Februari 5, 2016 By

cacar air

cacar air

Cacar air pada umumnya banyak diderita oleh anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun dan jarang diderita oleh orang dewasa. Namun hampir semua orang akan mengidap penyakit ini dan yang sudah pernah mengalami tidak akan tertular lagi.

Penyakit cacar air ini ditandai munculnya ruam pada bagian kulit yang merupakan gejala utama penyakit ini muncul. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah yang berisi cairan gatal lalu mengering menjadi koreng. Akan terkelupas dalam kurun waktu dua minggu. Biasanya bagian yang ditumbuhi penyakit ini adalah wajah, kulit kepala, lengan, kaki dan belakang telinga.

Pengobatan Dan Pencegahan Cacar Air

Cacar air ini mempunyai langkah untuk penanganannya. Tujuannya untuk mengurangi gejala. Ada dua jenis obat yang bisa digunakan yaitu parasetamol untuk penurunan demam dan losion atau bedak untuk mengurangi rasa gatal kulit. Tidak semua bisa sembuh dengan menggunakan cara medis. Gejala ini tidak bisa dan harus diwaspadai. Jika nanti anak mengalami kesulitan bernapas dan dada sesak, segera untuk menghubungi dokter agar kondisi penyakit cacar air tidak parah. Bagi orang dewasa yang mengidap penyakit ini akan lebih parah dan beresiko mengalami suatu komplikasi. Bisa diatasi dengan obat penangkal orang dewasa namun harus diberikan ketika awal penyakit itu muncul.

Cacar air bisa diatasi dengan vaksinasi. Imuniasasi ini tidak diwajibkan namun dianjurkan. Untuk penularannya sangat cepat dan mudah. Untuk langkah pencegahan, pertama bisa mengisolasi penderita dari tempat umum sampai bintil-bintil mengering menjadi koreng. Biasanya virus penyakit menular 1-2 hari sebelum ruam tumbuh sampai seminggu dan mengering menjadi koreng.

Gejala Cacar Air

supaya cacar air cepat sembuh

supaya cacar air cepat sembuh

Gejala pada umunya cacar air adalah ruam merah yang menyebar di seluruh tubuh. Namun ada beberapa gejala lain yang dialami oleh penderita sebelum tumbuhnya ruam, yaitu: demam, sakit kepala, kelelahan, rasa mual sampai tidak nafsu makan dan rasa nyeri pada bagian otot.

Gejala di atas bisa lebih parah jika penderitanya orang dewasa dibandingkan anak-anak. Tidak semua cacar air mengalami ruam. Ada yang terjadi di sebagaian tubuh dan ada yang di seluruh tubuh. Untuk ruam bisanya melalui tiga tahapan, yaitu:

  • Ruam akan menjadi bentol kecil yang gatal.
  • Selama setengah hari bentolan menjadi bintil kecil isinya cairan yang sangat gatal.
  • Setelah 1-2 hari, bintil akan mengering menjadi koreng serta bisa mengelupas sendiri.

Penyebab Penyakit Cacar Air

Penyakit cacar air biasanya disebabkan oleh virus yang dapat menular sangat cepat dan mudah. Untuk penularannya lewat kontak langsung atau lewat percikan bersin atau batuk. Waktu yang perlu dihindari bagi penderita cacar air pada 2-3 hari sebelum munculnya ruam sampai bintil mengering menjadi koreng. Selain itu, resiko yang tertular dari pengidap penyakit ini akan meningkat jika belum pernah mengalami cacar air, belum pernah menerima vaksin cacar air, mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah dan bekerja di tempat umum.

Bagi pengidap cacar air biasanya tidak memerlukan tes medis untuk proses diagnosis. Bagi yang mengidap penyakit ini mudah mengenali gejala-gejala sehingga tidak perlu penanganan yang lebih serius dari dokter. Karena penyakit ini sudah menjadi bawaan setiap manusia. Jika masih ragu segera untuk hubungi dokter, misalnya jika:

  • Terjadinya kotak dengan penderita cacar air atau mengalami gejalanya dan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang menurun, sedang hamil atau mempunyai bayi yang masih berumur kurang dari satu bulan.
  • Menderita cacar air ketika saat menyusui bayi. Pihak dokter ini akan memeriksa dan akan menetapkan diperbolehkan menyusui atau tidak.
  • Pihak dokter akan mengetes darah untuk kepastian gejala dan kekebalan tubuh serta keberadaan antibodi virus cacar air sudah terlindungi atau belum. Jika tidak ada, maka pihak dokter akan memantau proses perkembangannya.

Silahkan Kunjungi Juga :

Pengobatan Cacar Air

Penyakit cacar air ini memiliki langkah untuk pengobatan khusus dan biasanya akan sembuh sendiri. Tujuannya untuk mengurangi gejala yang ada. Melaksanakan beberapa langkah sederhana berikut ini, antara lain:

  • Banyak minum air dan hindari jenis makanan yang membuat mulut sakit yaitu makanan yang asin. Hindari dehidrasi bagi penyakit cacar air. Bisa memberikan es untuk mengurangi rasa nyeri atau gatal yang disebabkan bintil.
  • Hindari menggaruk bintil cacar air. Jika hal ini terjadi akan meningkatkan resiko terinfeksi dan sisakan bekas. Bungkus tangan memakai sarung tangan dan berkaos kaki ketika tidur untuk pencegahan garukan. Khususnya bagi anak-anak. Bisa mengoleskan lotion atau bedak untuk mencegah dan mengurangi rasa gatal.
  • Gunakan jenis pakaian yang berbahan lembut. Seperti kain katun dan pakaian yang longgar agar tidak terjadi iritasi pada bagian kulit yang jauh lebih parah akibat adanya bintil cacar air.
  • Bisa menggunakan jenis obat meredakan sakit. Seperti parasetamol yang bisa dikonsumsi jika mengalami demam atau rasa nyeri. Namun bagi anak-anak berusia di bawah tiga bulan sebaiknya hubungi dokter dahulu.

Hindari memberi aspirin bagi anak yang terkena cacar air. Jika hal ini terjadi dan diberikan akan mengakibatkan syndrom reye. Sehingga merusak secara serius di bagian hati dan otak. Maka dari itu, jangan sampai memberikan aspirin pada anak jika mengidap penyakit ini atau menunjukkan beberpao gejala sebelum penyakit ini muncul.

Perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit cacar air  bisa sembuh dengan menggunakan penanganan dokter atau medis. Banyak kalangan yang mengalami suatu komplikasi akibat penyakit ini sehingga sangat membutuhkan pengobatan yang jauh lebih intensif.

Salah satu langkah yang efektif untuk menangani penyakit cacar air ini adalah dengan menggunakan jenis obat antivirus acyclovir. Golongan penyakit ini yang membutuhkan obat ini adalah ibu hamil, bayi yang baru lahir, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan menurun, seperti orang yang mengidap penyakit diabetes atau penyakit kanker. Obat antivirus ini dapat meringankan gejala cacar air jika diberikan segera dalam kurun waktu 24 jam setelah munculnya ruam.

Selain menggunakan obat antivirus tersebut, anjuran dari kalangan dokter untuk menggunakan jenis terapi imunoglobulin yaitu pengobatan dengan mengambil antibodi dari kalangan orang-orang sehat. Dalam penerapan terapi ini, pengidap penyakit cacar air akan diberikan lewat saluran infus. Khususnya bagi ibu hamil terapi ini mempunyai fungsi tambahan untuk penambahan antibodi. Jika antibodi berkurang maka akan mengakibatkan penularan cacar air kepada bayi yang ada pada kandungan.

Itulah seputar penyakit cacar air yang perlu untuk diketahui bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi yang mereka belum pernah mengalami penyakit ini. Penyakit satu ini tidak bisa dihindari karena semua orang akan mengalaminya. Penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah secara sementara karena proses penyembuhan akan sembuh dengan sendirinya.

Apabila Anda sudah merasa risih karena cacar air yang menimbulkan bekas di kulit, kebetulan sekali. Dengan minyak bulus asli produk kami, semua bekas cacar air dapat dihilangkan sehingga Anda tidak perlu risih lagi dengan bekas cacar air yang sulit dihilangkan. Apabila Anda ingin memesannya, silahkan klik tombol dibawah ini.

Incoming search terms:

  • cacar api (1)
(Visited 182 times, 1 visits today)

Obat Cacar Air     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *